Life Skills & Inclusion Officer
Morotai, Maluku Utara
  • Field
    Program
  • Job Posted On
  • Employee Type
    Full-time
  • Experience Year
    0-2 Tahun
Tujuan Pekerjaan

Posisi ini bertujuan untuk menyampaikan topik Keterampilan Hidup di bawah koordinasi Petugas Lapangan Teknis sebagai pengatur utama dalam menyusun jadwal dan rundown sesi Keterampilan Hidup bersama para remaja; sejalan dengan jadwal kerja tim.

Topik keterampilan hidup ini berfokus pada modul-modul berikut:
  • Penetapan Tujuan dan Perencanaan: Mengidentifikasi tujuan hidup yang penting; Mengetahui cara menetapkan tujuan secara efektif; Mengetahui cara merencanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan; Kriteria SMART dan aspek-aspeknya; 5W1H dalam menetapkan tujuan yang realistis.
  • Pengambilan Keputusan: Memulai dengan mengidentifikasi nilai-nilai paling penting bagi diri mereka dan menghormati nilai-nilai positif orang lain; Mengadopsi pola pikir terbuka. Langkah-langkah dalam pemecahan masalah. Mempertimbangkan dan menganalisis manfaat dan risiko.
  • Manajemen Keuangan: Memahami pentingnya uang sebagai sumber daya dan dalam konteks perdagangan. Keinginan vs kebutuhan. Prioritas. Penggunaan uang yang baik vs buruk. Literasi keuangan dan latihan. Pengenalan kepada A2F.
  • Perencanaan Bisnis: Memahami pentingnya perencanaan. Langkah-langkah membuat rencana bisnis yang baik, misalnya rencana bisnis pertanian. Analisis SWOT. Praktik membuat rencana bisnis pertanian. Dokumen dan alat: jadwal kerja, struktur biaya, dan perkiraan pendapatan.
Keterampilan & Persyaratan
  • Memiliki gelar diploma atau sarjana di bidang pendidikan/komunikasi atau studi terkait.
  • Mengembangkan dan menyesuaikan manual, kit, dan panduan modul dalam Bahasa Indonesia dengan target "berfokus pada pemuda".
  • Benar-benar tertarik dengan masalah yang dihadapi oleh penerima manfaat pemuda.
  • Keinginan yang tulus untuk terlibat langsung dengan pemuda dan membantu mencapai keterampilan hidup yang mereka pelajari.
  • Menyediakan tempat dan lingkungan yang aman untuk kelompok pemuda dalam belajar.
  • Membimbing diskusi, mengajar, berlatih, dan memperkuat ide-ide yang diajarkan dalam manual. Penelitian menunjukkan bahwa cara terbaik untuk belajar adalah melalui latihan dengan permainan, peran, dan gambar-gambar yang kaya.
  • Positif, mendukung, dan memberikan pujian.
  • Memiliki kepribadian yang hangat dan menyenangkan.
  • Tidak menghakimi. Memperhatikan kesetaraan gender.
  • Menunjukkan pemikiran yang fleksibel dan kreatif.
  • Melakukan pembelajaran dan latihan yang menyenangkan dan menarik.
  • Memiliki keterampilan mendengarkan yang baik.
  • Bersedia melakukan perjalanan ke dan bekerja di lokasi proyek di area yang ditentukan.